Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket respon siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan lembar angket minat membaca. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan buku cerita bergambar rata-rata dari validator ahli materi dengan presentase 89,4% dengan kategori sangat valid. Dan rata-rata validator ahli media dengan presentase 86% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas SDN Mawu dengan presentase 83,3% (praktis). Hasil uji lapangan dengan nilai pretest 59%, rata-rata nilai posttest 88,5% dan nilai N-gain 0,71 dengan kategori tinggi. selain keefektifan buku cerita bergambar dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan yang diperoleh adalah 87,5% pada kategori sangat terlaksana.