Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi diferensiasi pada kurikulum merdeka di MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023-2024. (b proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi diferensiasi pada kurikulum merdeka di MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023-2024. (c evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi diferensiasi pada kurikulum meredeka di MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut: (1 Perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi diferensiasi pada kurikulum merdeka di MAN 2 Mataram dilakukan dengan persiapan dari segi perangkat pembelajaran dan sumber daya manusianya. (2 Proses pembelajaran dilakukan dengan tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal melakukan asesmen awal dan pembagian kelompok, Kegiatan inti melakukan proses pembelajaran dengan melihat gaya belajar siswa auditori, visual, dan kinestetik, dan kegiatan akhir menyimpulkan hasil pembelajaran. (3 Evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi diferensiasi pada kurikulum meredeka di di MAN 2 Mataram dilakukan dengan dengan melakukan asesmen pada proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran.