Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perbandingan pelaksanaan strategi event marketing yang dilakukan oleh kedua coffee shop, Doto coffee dan Nekorio yang sudah di jalankan.Doto Coffee dan Nekorio melakukan strategi event marketing yang sama, oleh karena itu peneliti ingin melihat sejauh mana perbandingan efektifitas yang dihasilkan dari strategi tersebut dalam meningkatkan minat pelanggan berkunjung. Metode Penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan 8 informan. Hasil analisa data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivication. Hasil penelitian strategi event marketing yang dijalankan oleh Doto Coffee dan Nekorio ini sudah tepat, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya volume penjualan yang signifikan dan keuntungan yang di dapat oleh Doto Coffee sejak bulan Januari sampai Maret 2024 dan Nekorio mengalami peningkatan yang signifikan pada bulan November tahun 2023 sampai pada bulan Maret tahun 2024. Dari hasil penelitan, peneliti menemukan kelemehan strategi event marketing yang di gunakan oleh Doto Coffee dan Nekorio. Hal ini dapat berdampak negatif mempengaruhi reputasi merek di mata pelanggan.