DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU PADA PENGELOLAN KELAS DALAM MENGATASI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG KECAMATAN GUNUNGSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
INAYATUL, FATEHAH
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2024-09-17 07:12:14 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran guru pada pengelolaan kelas dan untuk menjelaskan strategi guru dalam mengatasi tingkat kejenuhan belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan NW Belencong Kecamatan Gununsari dan untuk menjelaskan kejenuhan belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah raudlatusshibyan NW Belncong Kecamatan Gunungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas V, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, konvensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebahasaan data adalah dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketentuan pengamatan, triangulasi dan kecukupan refrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran guru pada pengelolaan kelas dalam mengatasi kejenuhan belajar siwa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan NW Belencong Kecamatan Gunungsari. Adapun peran guru dalam pengelolaan kelas yakni dengan penyediaan fasilitas, mengatur tata ruangan kleas, mulai dari penataan tempat duduk, dekorasi ruang kelas. Guru menerapkan metode ice breaking, metode diskusi, metode tanya jawab dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Adapun peningkatan yang dapat dilihat dari peran yang dilakukan oleh lembaga sekolah dan tenaga pendidik tergolong baik, dan dengan diterapkannya metode-metode tersebut siswa lebih bersemangat dalam belajar dan fokus dalam mengikuti pelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram