Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konsep Free Voluntary Listening dalam meningkatkan (keterampilan mendengarkan) di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede Lombok Barat. Dan bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan konsep free voluntary listening di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede, dengan sampel berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yaitu, observasi, wawancara dokumentasi dan kuesioner untuk mengukur peningkatan keterampilan mendengar siswa dalam pembelajaran menggunakan konsep free voluntary listening serta wawancara mendalam untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan konsep free voluntary listening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penerapan konsep free voluntary listening dalam pembelajaran berbasis mendengar di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede dilakukan melalui beberapa tahapan: pemilihan materi audio yang menarik bagi siswa, penjadwalan waktu mendengarkan secara teratur, dan diskusi kelompok untuk membahas isi materi yang didengarkan. Hasil wawancara mendalam mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan free voluntary listening, antara lain minat terhadap materi audio, frekuensi mendengarkan, dan dukungan dari guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep Free Voluntary Listening efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharatul istima' di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede, Lombok Barat.