Abstract :
Di dalam konteks pendidikan, keaktifan berorganisasi mahasiswa adalah kegiatan lain dalam perkuliahan yang menjadi faktor pentingdalam mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan tantangan yang akan dihadapi di dunia kerja nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan dari keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan metode pengumpulan data yaitu berupa wawancara, dokumentasi dan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang diberikan kepada mahasiswa program studi PGMI angkatan tahun 2021/2022 dan 2022/2023 sebanyak 21 orang mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa prodi PGMI terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan rumus Product Momen Person dimana r_hitung?r_tabel (1,161? 0,433) atau sama artinya dengan ketika nilai satu variabel meningkat, nilai variabel lainnya juga ikut meningkat. Kelebihan dari aktif berorganisasi adalah mahasiswa menjadi disiplin dan bertanggung jawab terhadap kuliahnya, mahasiswa mampu membagi waktu dalam kesibukannya menjalani perkuliahan dengan organisasi yang diikuti, serta mahasiswa menjadi lebih aktif berdiskusi baik disaat jam perkuliahan maupun diluar perkuliahan. Kekurangan dari aktif berorganisasi adalah terbengkalainya tugas-tugas dan jam perkuliahan, dikarenakan kesibukan mahasiswa saat mengikuti organisasi. Hal tersebut, karena kurangnya manajemen waktu, disiplin, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap perkuliahannya.