Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru sejarah terhadap aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X di MAN 3 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskiptif kuantitatif. Populasi dan Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan instrumen Pre Test dan Post Test berupa angket (kuesioner) kompetensi pedagogik guru sejarah dan aktvitas belajar siswa menggunakan angket serta hasil belajar siswa menggunakan nilai ujian penilaian akhir semester siswa. Hasil penelitian yang didapatkan bahwasanya, dengan pengambilan keputusan nilai, apabila nilai signifikan > 0,05, maka artinya variabel X tidak pengaruh terhadap variabel Y1 dan Y2, dan apabila nilai signifikansi < 0,05, maka artinya ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 dan Y2. Dari hasil uji regresi linear sederhana yang sudah dilakukan, maka nilai signifikansi diperoleh variabel X terhadap Y1 sebesar (0,001) dan variabel X terhadap Y2 sebesar (0,003), yang artinya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji T yaitu, jika nilai signifikansi < 0,05, maka Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 dan Y2. Dengan kata lain ada pengaruh pengaruh kompetensi pedagogik guru sejarah terhadap aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X.