DETAIL DOCUMENT
ANALISA KEPUASAN DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PELABUHAN POTO TANO, SUMBAWA BARAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
NILA, ANGGIA DIMASTA
Subject
387 Transportasi 
Datestamp
2020-08-21 02:14:50 
Abstract :
Pelabuhan Poto Tano merupakan gerbang bagi pendatang yang akan berkunjung ke pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan Poto Tano memiliki peran penting dan strategis untuk pertumbuhan industri dan perdagangan serta merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan tingkat pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano dengan memperhatikan 6 (enam) dimensi pelayanan yaitu keselamatan, keamanan, kehandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan/keterjangkauan, dan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas pelabuhan yaitu menggunakan metode analisa importance and performance analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan dengan metode checklist berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 39 tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan fasilitas pelabuhan Poto Tano berdasarkan 6 (enam) dimensi dianggap memuaskan dengan skor tingkat kepuasan yaitu 3,88 dan tingkat kinerja kualitas pelayanan terhadap sarana pelabuhan sudah sesuai kriteria atau berdasarkan standar pelayanan peraturan menteri perhubungan no 39 tahun 2015 dengan prosentase 85% memenuhi kriteria. Kata kunci :Pelabuhan Poto Tano,Tingkat Kepuasan,Tingkat Pelayanan,Importance and performance analysis (IPA), Metode Ceklis 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram