Abstract :
Strategi pemberdayaan dalam peningkatan industri kreatif bagi UMKM Kota Mataram. Merupakan sala satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan dalam peningkatan industri kreatif bagi UMKM Kota Mataram, stategi yang disusun tercantum dalam Rencana Strategis Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram Tahun 2021-2025. Pemberdayaan yang dilakukan yaitu melalui pembinaan sosialisasi, pelatihan-pelatihan serta pendampingan yang sudah dijalankan dengan baik. Namun masih adanya kekurangan dari segi pemberdayaan yang belum sepenuhnya optimal dari segi pemberdayaan yang belum sepenuhnya optimal belum sesuai. Peningkatan peran dinas harus dioptimalkan dalam promosi produk dengan melakukan pendampingan keahlia dibidang manajemen dan pemasaran.