Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV. Pendekatan yang dilakukan menggunakan metode kualitattif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Hasil dari penelitian yaitu Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pagutan Mataram memberikan motivasi belajar siswa dengan cara, memuji, memberi rasa percaya diri, dan belajar dengan cara menyenangkan. Sedangkan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa untuk berani mengeluarkan pendapat, berani bertanya, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk mengaktifkan siswa dalam belajara demi mendapatkan hasil yang diinginkan, guru harus memiliki kemampuan dari dalam dirinya sendiri untuk membimbing siswa kearah yang lebih baik dengan rasa penuh tanggung jawab, disiplin serta kasih sayang.