DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SLTP NEGERI 2 LAMASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palopo
Author
DIANA, D
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-02-02 04:13:13 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang gambaran percayaan diri siswa di SLTP Negeri 2 Lamasi, dan pengaruh bimbingan sosial terhadap kepercayaan diri siswa di SLTP Negeri 2 Lamasi, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah metode kuantitatif yang sistematik. Adapun bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi-eksperimental design). Kegiatan layanan bimbingan sosial dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, sebelum peneliti memberikan perlakuan terlebih dahulu peneliti membagikan angket pretest untuk mendapatkan sampel siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, selanjutnya peneliti memberikan perlakuan (Treatment) dan diakhiri dengan posttest. Posttest dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan sosial terhadap kepercayaan diri siswa, setelah diberikan layanan bimbingan sosial. Hasil posttest menunjukan terdapat peningkatan skor dari pretest yang rendah menjadi meningkat pada posttes. Hal ini menunjukan bahwa setelah siswa mengikuti bimbingan sosial siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri. Selain itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji wilcoxon. Hal ini berarti perbedaan yang signifikan antara skor kepercayaan diri sebelum dan setelah diberikan bimbingan sosial. Perubahan kepercayaan diri siswa yang semula dalam kriteria rendah dan sedang meningkat menjadi kriteria sedang dan tinggi setelah diberikan perlakuan. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palopo