Abstract :
Berdasarkan hasil observasi di Sma Negeri 3 Palopo rata-rata hasil belajar PENJAS materi bola voli masih di bawah KKM, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PENJAS, melalui metode bagian (part method).
Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi peserta didik dan kinerja pendidik dalam prosess pembelajaran, sedangkan untuk mmengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi/tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bagian (part method) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PENJAS. Dari nilai rata-rata perolehan nilai hasil belajar dari pra siklus sebesar 66,25% (pengetahuan) 70,39% (keterampilan), siklus I sebesar 73% (pengetahuan), 73,75% (keterampilan) dan siklus II sebesar 79% (pengetahuan), 83, 75% keterampilan.
Kata Kunci : Metode Bagian Pada permainan Bola Voli