Abstract :
This study aims to examine the effect of the marketing mix on the decision to purchase
Telkomsel data cards for students at the Muhammadiyah Palopo University in Masamba,
Luwu Utar district. The variables used in this study, namely the independent variable
(Product, Price, Place and Promotion) while the dependent variable (Purchase Decision).
This research was conducted on students of the Muhammadiyah Palopo University in
Masamba, North Luwu Regency by taking a population of several students of the
Muhammadiyah Polopo University in Masamba, North Luwu Regency. The type of research
used is a descriptive quantitative approach using the method of observation, interviews and
questionnaires. The population in this study were students of Muhammadiyah Palopo
University in Masamba, North Luwu Regency. The sampling technique uses the sampling
method, which is the easiest sample to access. The number of samples is 100 people. The
data analysis technique used in this study is multiple linear regression using the SPSS
version 22 program. The results of hypothesis testing in this study show that the t value for
the product variable is 1.344, for the price variable is 1.129, for the place variable is 2.517
and the promotion variable amounting to 2,520. So, the results of the t test show that there
are two variables that have no effect, namely product and price variables on purchasing
decisions while two variables, namely place and promotion have a significant effect on
purchasing decisions, proving that product and price variables have no effect on purchasing
decisions for Telkomsel data cards on students. Muhammadiyah Palopo University in
Masamba, North Luwu Regency. While the variables of place and promotion have an effect
on the decision to purchase Telkomsel data cards for students at the Muhammadiyah Palopo
University in Masamba, North Luwu Regency.
Keywords: Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) and Purchase Decision.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan
Pembelian Kartu Data Telkomsel pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo di
Masamba Kabupaten Luwu Utar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu
variabel independen (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) sedangkan variabel dependen
(Keputusan Pembelian). Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Palopo di Masamba Kabupaten Luwu Utara dengan mengambil populasi
beberapa Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Polopo di Masamba Kabupaten Luwu
Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan
menggunakan metode observasi, interview ddan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah palopo di Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampling yaitu sampel yang paling
mudah untuk diakses. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program
SPSS Versi 22. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini ditunjukkan nilai t hitung
untuk variabel produk sebesar 1,344, untuk variabel hargasebesar 1,129, untuk variabel
tempat sebesar 2,517 dan variabel promosi sebesar 2,520. Jadi, hasil dari uji t menunjukkan
bahwa ada dua variabel tidak berpengaruh yaitu variabel produk dan harga terhadap
keputusan pembelian sedangkan dua variabel yaitu tempat dan promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, membuktikan bahwa variabel produk dan harga
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu data telkomsel pada Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Palopo di Masamba Kabupaten Luwu Utara. Sedangkan
variabel tempatdan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu data telkomsel
pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo di Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan Keputusan Pembelian.