Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa, permasalahan
pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi passing bawah bola voli.
Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah apakah penerapan metode demonsdtrasi dapat
meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa(i) Sma Negeri 11 Luwu. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode Passing berpasangan dapat
meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa Sma Negeri 11 Luwu.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar passing
Atas bola voli. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas Sma Negeri 11 Luwu, sebanyak 15
orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada
siklus I menunjukkan bahwa indicator keberhasilan belum tercapai dengan persentase
keberhasilan 60%. Padasiklus II hasil penelitian telah mencapai indicator keberhasilan dengan
persentase 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan jasmani melalui penerapan metode Passing berpasangan.