Abstract :
Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan guruan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa analisis data hasil belajar servis atas bola voli yang menggunakan variasi pembelajaran kepada siswa SMA Negeri 10 Luwu menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 13 siswa dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II adalah 30 siswa. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar servis atas bola voli yang menggunakan metode variasi pembelajaran pada siswa yang signifikan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan megunakan variasi pembelajaran dengan media kertas berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode variasi yang telah digunakan. Variasi yang telah digunakan dalam servis atas dengan media kertas berwarna pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu.
Kata kunci: hasil belajar servis atas bola voli