Abstract :
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat nasabah terhadap produk gadai
emas (rahn) pada Pegadaian Syariah Kota Palopo. Variabel independen yang digunaka adalah
Minat nasabah, Variabel dependen adalah Produk gadai emas (rahn). Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis regresi sederhana, dengan
tambahan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
convenience sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai maupun nasabah di
Pegadaian Syariah Kota Palopo yang berjumlah 50 orang. Alat yang digunakan untuk mengolah
data dalam penelitian ini yaitu merupakan aplikasi SPSS type 22. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa minat nasabah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produk
gadai emas (rahn) pada pegadaian syariah kota palopo. Hal ini menunjukkan bahwa semakin
tinggi minat nasabah maka akan semakin banyak produk gadai emas (rahn) pada Pegadaian
Syariah Kota Palopo.
Kata Kunci : Minat Nasabah Terhadap Produk Gadai Emas (Rahn)