DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MANAJEMEN)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palopo
Author
Nurhayati, Nurhayati
Haedar, Haedar
Dewi, Sari Ratna
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:17:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo (studi kasus program studi manajemen). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Palopo berjumlah 318 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan menetapkan kriteria sampel yaitu Angkatan tahun 2019-2020 dan Jenis Kelamin. Total dari sampel yang memenuhi criteria adalah 177 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Alat analisis yang digunakan adalah aplikasi olah data statistic SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Motivasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Berwirausaha. Di sisi lain variable Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap variable Minat Berwirausaha. Secara simultan variable Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh terhadap variable Minat Berwirausaha. Berdasarkan koefisien determinasi Motivasi dan Pengetahuan kewiraushaan memiliki pengaruh 61,1% terhadap variable Minat Berwirausaha sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variable lain. Kata Kunci : Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palopo