Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMA Negeri 3 Palopo, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMA Negeri 3 Palopo, dan (3) tanggapan siswa terhadap layanan orientasi yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan penedekatan deskriptif kuatitatif. Adapun subjek utama penelitian ini adalah 66 orang guru di SMA Negeri 3 Palopo dan subjek pendukung adalah 30 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMA Negeri 3 Palopo. Data dikumpulkan menggunakan angket. Selanjutnya data dianalisa dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMA Negeri 3 Palopo di kategorikan ?Baik?, dengan memperoleh persentase jawaban ?Ya? sebanyak 86%, dan jawaban ?Tidak? sebanyak 4,9%. Hal ini sesuai dengan standar yang ditetapkan penulis yaitu 76%-100% dikategorikan ?Baik?. Faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMA Negeri 3 Palopo adalah: (1) perhatian guru terhadap layanan orientasi siswa baru, (2) hubungan timbal balik antara guru dan siswa terhadap layanan orientasi siswa baru, (3) penilaian guru terhadap layanan orientasi siswa baru, (4) keikutsertaan guru terhadap layanan orientasi siswa baru.
Kata kunci: Layanan Orientasi, Tanggapan Guru.