Abstract :
INTISARI
Kemampuan anak mengenal huruf pada observasi pra siklus dengan kriteria
berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 0% dari jumlah siswa pada kelas tersebut,
pada hasil observasi siklus I meningkat menjadi 42% dan pada siklus II mengalami
juga tetap sebesar 42% akan tetapi anaknya berubah. Hal ini menunjukkan bahkan
semakin banyak anak yang mengalami perubahan kemampuan secara lebih baik.
Bahkan pada observasi pra siklus untuk kriteria berkembang sangat baik (BSB)
belum ada siswa yang mencapainya, barulah pada siklus I sebanyak 17% anak
mencapai kriteria tersebut, dan pada selanjutnya pada siklus II bertambah menjadi
50%. Berdasarkan demikian jumlah anak yang telah mencapai ketuntasan belajar
adalah sebanyak 92 %. Kriteria tersebut bahkan telah melewati kriteria ketuntasan
belajar bahwa minimal 80% anak harus berada pada kriteria berkembang sesuai
harapan (BSH). Maka dapat disimpulkan sekaligus menjawab hipotesis bahwa
pembelajaran dengan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan belajar anak
dalam mengenali huruf.
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Permainan Kartu
ABSTRACT
The ability of children to recognize letters in pre-cycle observation with the criteria
of developing according to expectations (BSH) is 0% of the number of students in the
class, the results of the observation in cycle I increased to 42% and in cycle II
experienced also remained at 42% but the children changed. This shows that even
more and more children experience changes in ability for the better. Even in the pre-
cycle observation for the very well developed criteria (BSB) there were no students
who had achieved it, then in the first cycle 17% of the children reached these criteria,
and then in the second cycle it increased to 50%. Based on this, the number of children who have achieved mastery learning is as much as 92%. These criteria have
even passed the mastery learning criteria that at least 80% of children must be at the
criteria for developing according to expectations (BSH). So it can be concluded at the
same time answering the hypothesis that learning with letter cards can improve
children's learning abilities in recognizing letters.