Abstract :
Masalah dalam penelitian ini terkait dengan pemberian materi pukulan Forehand
dan Backhand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo yang masih
sangat kurang efesien sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang akurat. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya Peningkatkan Pembelajaran
Pukuland Forehand dan Backhand dalam permaian Tenis Meja mengunakan media
dinding pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian
sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk
meningkatakan hasil belajar tenis meja pukulan forehand dan backhand.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pada kegiatan pra tindakan
11 siswa (37,93%) tuntas dan 18 siswa (62,07%) tidak tuntas. Pada pelaksanaan
penelitian siklus I diperoleh sebanyak 17 siswa (58,62%) tuntas dan 12 siswa
(41,38%) tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 26 siswa (89,66 %)
tuntas dan 3 siswa tidak tuntas (10,34 %). Berdasarkan hasil rata-rata yang telah
diperoleh maka dapat dikatakan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Maka
kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran pukulan forehand dan backhand
dalam permaian tenis meja mengunakan media dinding pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Palopo mengalami peningkatan.
Kata kunci: Tenis Meja, Media Dinding, pukulan Forehand dan Backhand.