Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan
kemampuan mengenal warna pada usia 4-5 tahun dalam kegiatan mewarnai di
TK Ar-Rahman Desa Sangtandung Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten
Luwu. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan Kelas (PTK)
dengan metode observasi. Datayang diperoleh dari hasilobservasiatau pengamatan
pada penelitian inimenggunakan instrumenberupa checklist.Pada
instrumenpenelitianchecklistmenggunakanBB,MB,BSH,BSB.
Penyajiandatadalampenelitianinidianalisisdalambentuktabelyangdiambil dari
datasekolah. Dari hasil observasi pada siklus I dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran terdapat 52% dalam kegiatan mengelompokkan benda menurut
warna dan 64%, dalam kegiatan menunjuk benda yang mempunyai warna dan
46% dalam kegiatan menceritakan apa yang terjadi bila warna dicampurkan, 57%
dalam kegiatan mengurutkan benda dari yang kecil sampai yang besar
berdasarkan warna. Peningkatan kemampuan mengenal warnamewarnai di TK
Ar-Rahman Desa Sangtandung berkembang dengan signifikan pada siklus kedua
yaitu 100% dalam kegiatan mengelompokkan benda menurut warna, 100% dalam
kegiatan menunjuk benda yang mempunyai warna, 96% dalam kegiatan
menceritakan apa yang terjadi bila warna dicampurkan dan, serta 98% dalam
kegiatan mengurutkan benda dari yang kecil-besar berdasarkan warna.
Kata Kunci : kemampaun, warna, observasi, TK Ar-Rahman Desa Sangtandung,
Siklus