Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kacamata K-Ion Nano (studi kasus pada PT. K-Link
Indonesia Distributor Palopo), (2) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Kacamata K-Ion Nano (studi kasus pada PT. K-Link Indonesia Distributor Palopo).
Desan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah
pengguna kacamata K-Ion Nano Distributor Palopo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 222. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan
teknik analisis PLS (Partial Least Square melalui Software SmartPLS dan aplikasi SPSS 23. Dimana
secara parsial diolah dengan teknik analisis PLS sedangkan secara simultan diolah dengan aplikasi
SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel kualitas produk dengan keputusan
pembelian menunjukkan nilai koefisien jalur sebesar 0,353 dengan nilai t statistik sebesar 5,704. Nilai
tersebut lebih besar dari t tabel (1,972). Hasil ini berarti bahwa kualitas produk memiliki hubungan
yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) variabel harga dengan keputusan
pembelian menunjukkan nilai koefisien jalur sebesar 0,426 dengan nilai t statistik sebesar 6,614. Nilai
tersebut lebih besar dari t tabel (1,972). Hasil ini berarti bahwa harga memiliki pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Dengan derajat kepercayaan sebesar 95%, F hitung
(91.808) > F tabel (3.04) maka secara simultan variabel bebas X yang terdiri dari kualitas produk (X1)
dan harga (X2) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y)
Simpulan: (1) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
kacamata K-Ion Nano Distributor Palopo, (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian kacamata K-Ion Nano Distributor palopo.
Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Peneliti selanjutnya disarankan untuk mendapatkan hasil
yang maksimal diperlukan sampel yang lebih banyak, (2) Uji simultan sebagai bahan pertimbangan
pada peneliti selanjutnya, (3) Pengumpulan data pada penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya
sebatas penyebaran kuesioner saja tetapi dapat juga dilakukan dengan pengamatan, dokumentasi,
observasi serta wawancara langsung ke objek penelitian, (4) Kehadiran peneliti pada saat responden
melakukan pengisian kuesioner sangat ditekankan untuk memastikan bahwa responden mengerti
maksud dari kuesioner yang akan diisi agar data yang diperoleh nantinya tidak bias dan sesuai dengan
tujuan dan apa yang diharapkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelia