DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PADAPERMAINANSEPAKBOLADIMUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palopo
Author
Chaidir, Muh.
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2021-01-26 03:19:43 
Abstract :
Berdasarkan hasil observasi di Muhammadiyah Boarding School Palopo rata-rata hasil belajar PENJAS materi sepak bola masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PENJAS, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi peserta didik dan kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PENJAS. Dari nilai rata-rata perolehan nilai hasil belajar dari pra siklus sebesar 71,1% (pengetahuan), 74,39% (keterampilan), siklus I sebesar 71,9% (pengetahuan), 73,4% (keterampilan) dan siklus II sebesar 82% (pengetahuan), 81,56% (keterampilan) 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palopo