Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
anak didik melalui permainan tradisional lompat tali di TK Aisyiah Bustanul
Athfal Walenrang Kabupaten Luwu. Penelitian yang dilakukan menggunakan
penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi. Data yang diperoleh
dari hasil observasi atau pengamatan pada penelitian ini menggunakan instrumen
berupa angka 1-4. Pada instrumen penelitian angka tersebut menggunakan BB,
MB, BSH, BSB. Penyajian data dalam penelitian ini dianalisis dalam bentuk
tabel yang diambil dari data sekolah dan hasil observasi. Dari hasil observasi
dalam kegiatan Pra Siklus terdapat 14 anak atau sekitar 93% Belum
Berkembang(BB), dan 1 anak atau sekitar 7% Mulai Berkembang. Kemudian
mulai Nampak peningkatan pada Siklus I yaitu hanya 1 anak atau 7% Belum
Berkembang (BB), 13 anak atau sekitar 86% Mulai Berkembang (MB), dan 1
anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus pertama belum ada anak
yang mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), Namun meningkat
dengan sangat baik pada siklus kedua. dimana tidak ada lagi anak yang memiliki
kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai berkembang. Dari jumlah 15 anak
terdapat 6 anak atau sekitar 40% Berkembang Sesuai Harapan, dan 9 anak atau
sekitar 60% sudah Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kata Kunci : lompat tali, observasi, TK Aisyiah Bustanul Athfal, PTK.