DETAIL DOCUMENT
Konseling Kelompok Berdasarkan Falsafah Isen Mulang Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Sarif Pudinur, Anjir
Subject
370.15 Psychology of Education 
Datestamp
2023-05-17 03:27:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling kelompok berdasarkan falsafah isen mulang untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Falsafah isen mulang dengan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jumlah sampel penelitian 8 siswa kelas XI Farmasi B sekolah menengah kejuruan Palangka raya. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purpose Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen, teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis statistic Paired Sample T Test atau lebih dikenal dengan Pre Post Design adalah analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa falsafah isen mulang dengan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kepercayaan siswa kelas XI Farmasi B sekolah menengah kejuruan Palangka raya. Pengambilan sampel ditentukan. Kepercayaan diri mengalami peningkatan dari rata-rata awal 148.7500 menjadi 240.0000. Selain itu peningkatan kepercayaan diri siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator dari kepercayaan diri. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya