DETAIL DOCUMENT
Partisipasi Masyarakat Dalam Pelayanan Pembuatan SKCK Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kantor Seksi Pelayanan Administrasi DitIntelkam Polda Kalteng
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Permatasari, Avrillia
Subject
352.6 Personnel Human Resource Administration 
Datestamp
2023-10-03 04:26:50 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelayanan pembuatan SKCK pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara kepada informan penelitian, observasi langsung terkait pelayanan terpadu, dokumentasi dari dokumen-dokumen terkait penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada Surat Keterangan Catatan Kepolisian di Kantor Seksi Pelayanan Administrasi DitIntelkam Polda Kalteng pelayanan SKCK di lakukan dengan cara pemohon tetap datang untuk melengkapi persyaratan setelah berkas selesai petugas akan mengantar berkas tersebut ke alamat pemohon dengan langsung melakukan pembayaran ditempat. Meskipun terdapat pelayanan tambahan seperti SKCK online dan SKCK delivery, pelayanan utama Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kantor Seksi Pelayanan Administrasi DitIntelkam Polda Kalteng adalah secara offline/tatap muka dikarenakan lebih terjangkau untuk mengakses pelayanan bagi sebagian besar masyakarat dan bisa melakukan sosialisasi langsung terhadap masyarakat. Indikator partisipasi masyarakat meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk layanan, sarana pelayanan, prasarana pelayanan dan kompetensi petugas pemberi pelayanan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan saran yaitu perlu adanya pelatihan terkait kepada petugas pelayanan, perlu adanya penambahan petugas pelayanan SKCK, adanya penyuluhan dan fasilitas disetiap pelosok desa, menstabilkan konsistensi kinerja petugas, lebih memperhatikan protokol kesehatan, perlu adanya batasan jumlah pengunjung dalam sehari untuk menghindari terjadinya penularan wabah covid 19 di perkantoran dan perlu adanya fasilitas pendukung seperti tempat fotocopy. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya