DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Puskesmas Rantau Pulut I Seruyan Tengah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Tiara, Agnes
Subject
362.1068 Medical Service Management 
Datestamp
2023-10-06 03:45:26 
Abstract :
Pelayanan farmasi adalah salah satu pelayanan kesehatan minimal yang wajib disediakan oleh puskesmas. Pelayanan farmasi di puskesmas merupakan salah satu kegiatan di Puskesmas yang menunjang pelayanan kesehatan yang berkualiats. Salah satu parameter untuk meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kafarmasian khususnya di loket obat maupun apotek adalah waktu tunggu pelayanan resep obat. Waktu tunggu pelayanan resep obat dihitung dari resep yang diserahkan ke loket obat sampai pasien mendapatkan obat berserta pemberian Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pada Puskesmas Rantau Pulut I Seruyan Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah obsevasi/pengamatan langsung dengan menggunakan lembar evaluasi waktu tunggu. Jumlah sampel sebanyak 72 resep yang terdiri dari 65 resep non racikan dan 7 resep racikan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep dengan standar yang berlaku di Puskesmas Rantau Pulut I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan resep non racikan selama 3,13 menit dan resep racikan selama 7,28 menit. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan resep telah memenuhi SOP: ketepatan waktu tunggu pelayanan obat di Puskesmas Rantau Pulut I dengan waktu tunggu pelayanan resep non racikan 10 menit dan resep racikan 15 menit. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya