Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Bahrudin, Bahrudin
Subject
352.14 Local Administration, Provinces
Datestamp
2023-05-19 06:27:52
Abstract :
Kendaraan bermotor merupakan sarana utama bagi masyarakat dalam
menunjang mobilitas mereka selama ini. Jumlah kendaraan bermotor setiap
tahunnya mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan populasi
penduduk. Akan tetapi peningkatan jumlah kendaraan secara kuantitas ini, tidak
diimbangi dengan kualitas dari kendaraan itu sendiri. Masih banyak ditemukan
kendaraan tidak layak jalan yang tetap beroperasi. Pemerintah pusat maupun
daerah melalui peraturan yang ditetapkan telah mengatur mengenai
penyelenggaraan pengujian pendaraan bermotor atau uji kir sebagai syarat
teknis kendaraan agar dapat beroperasi di jalan. Signifikansi dari penelitian ini
adalah untuk memastikan kinerja pelayanan serta faktor ? faktor yang
mempengaruhi dalam pelaksanaan uji kir sehingga kelayakan kendaraan
bermotor yang beroperasi dapat dijamin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi
resiko kecelakaan maupun dampak pencemaran lingkungan akibat masih
beroperasinya kendaraan yang sudah berusia tua dan tidak memenuhi kriteria
laik jalan. Melalui penelitian ini akan menggambarkan bagaimana kinerja
pelayanan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan uji kir oleh Dinas
Perhubungan Kabupaten Seruyan Tinjauan pustaka yang digunakan peneliti
dalam menganalisis permasalahan tersebut antara lain pengertian dan konsep
dari kinerja, pengukuran kinerja, pengertian pelayanan, serta faktor ? faktor yang
mempengaruhi kinerja pelayanan organisasi. Kinerja serta faktor ? faktor yang
mempengaruhinya dapat diketahui melalui penggunaan metode penelitian
deskriptif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan
lapangan, wawancara serta dokumentasi di lapangan. Metode penelitian tersebut
diharapkan dapat membantu peneliti dalam mengidentifikasi kinerja dan faktor ?
faktor yang mempengaruhi pelaksanaan uji kir oleh Dinas Perhubungan
Kabupaten Seruyan Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja
pelayanan uji kir oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan belum baik.
Dalam pelaksanaan uji kir Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan belum dapat
menciptakan aspek kepastian dalam pelayanan yang meliputi kepastian waktu,
kepastian dan transparansi biaya, serta kepastian dari hasil pelayanan. Faktor ?
faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan uji kir antara lain pemahaman visi
dan misi organisasi oleh pegawai, masih terdapat beberapa dari pegawai yang
belum memiliki kesadaran untuk memberikan pelayanan dengan baik, faktor
sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap. Faktor komitmen pimpinan
terhadap uji kir yang sudah tinggi tetapi belum melakukan pengawasan secara
melekat terhadap kinerja bawahannya. Faktor lain terungkap bahwasannya
Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan menghadapi permasalahan kekurangan
personil penguji.