Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Ilmi, Bahrul
Subject
352.14 Local Administration, Provinces
Datestamp
2023-05-19 06:37:35
Abstract :
Keterbatasan petugas pembaca sidik jari untuk pengurusan Surat
Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan keterbatasan peralatan dalam
pelayanan padahal jumlah masyarakat yang membuat SKCK cukup tinggi,
sehingga pelayanan masih banyak dikeluhkan masyarakat. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan SKCK di Polsek
Katingan Tengah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.
Teori yang digunakan sebagai tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah
dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Zeithaml, yaitu 1. tangible
(bukti fisik), 2. Reliability (Kehandalan), 3. Responsiveness (Daya Tanggap), 4.
Assurance (Jaminan), 5. Emphaty (Empati).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu : 1) observasi, 2) wawancara (interview), 3)
dokumentasi dan 4) studi kepustakaan. Dengan Teknik pengambilan sampel
penelitian mengggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian, Kualitas Pelayanan Pembuatan SKCK di
Polsek Katingan Tengah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah,
sudah berjalan dengan baik dari ke lima indikator pengukuran kualitas
pelayanan, hanya saja dari ke lima indikator tersebut masih ditemukan dua
indikator yang perlu di tingkatkan yaitu dari segi 1). Tangible (bukti fisik) dimana
dalam penyelenggaraan pelayanan SKCK masih terdapat kekurangan sarana
dan prasarana penunjang pelayanan, seperti, lahan parkir, perangkat komputer,
dan AC. selanjutnya 2). Tepat Waktu dalam memberikan atau menyelesaikan
pelayanan permohonan SKCK dimana penyelesaian pelayanan SKCK
berdasarkan prosedur 15-30 menit selesai, tetapi pada kenyataannya, berjamjam,
bahkan
bisa
berhari-hari,
inilah
yang
menjadi
keluhan
pemohon
SKCK.
Untuk
itu disarankan agar 1) Dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat pihak Polres Katingan Tengah agar lebih memperhatikan sarana dan
prasarana penunjang pelayanan sesuai dengan standar pelayanan, 2) Agar lebih
memperhatikan waktu penyelesaian pelayanan sesuai dengan standar waktu
pelayanan yang telah di tentukan, 3) Untuk bisa memperhatikan jumlah SDM
yang di miliki polres katingan dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat.