Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kinerja guru honorer dalam penyusunan silabus, (2) mendeskripsikan kinerja guru honorer dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (3) mendeskripsikan kinerja guru honorer dalm pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, serta menggambarkan dan memverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kinerja guru honorer dalam penyusunan silabus dapat dikatan baik dilihat dari aspek dalam proses penyusunan silabus serta disusun secara sistematik, namun ada kendala yang dihadapi guru honorer dalam penyusunan silabus yaitu waktu dan beban kerjanya. (2) pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dikatan baik dapat dilihat dari aspek proses pembuatannya serta dibuat secara sistematik. (3) pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari guru honorer dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara sistematik walaupun beban kerja guru honorer pada Madrsah ini cukup banyak.