DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palangka Raya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Wahyu Mahardika, Citra
Subject
352.14 Local Administration, Provinces 
Datestamp
2023-05-23 03:22:12 
Abstract :
Penyelenggaraan pelayanan publik berupa perizinan masih belum optimal dan belum memperlihatkan pelayanan prima yang diharapkan pada DPMPTSP. seperti kecepatan dan ketepatan waktu tunggu, keramahan petugas, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kenyamanan dan efektivitas pelayanan terpadu DPMPTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pelayanan terpadu pada DPMPTSP di Kota Palangka Raya. Teori yang digunakan sebagai tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono, yaitu 1. Ketepatan waktu pelayanan, waktu tunggu dan waktu proses, 2. Akurasi pelayanan, yang meliputi bebas dari kesalahan, 3. Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, dan 4. Kemudahan mendapatkan pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : 1) observasi, 2) wawancara (interview), 3) dokumentasi dan 4) studi kepustakaan. Dengan Teknik pengambilan sampel penelitian mengggunakan teknik snowball dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas penyelenggaraan pelayanan DPMPTSP di Kota Palangka Raya, cukup efektif walaupun tidak dapat berjalan dengan maksimal dikarenakan beberapa kekurangan dari segi ketepatan waktu pelayanan dimana tidak ada kepastian yang jelas berkaitan dengan penyelesaian waktu pelayanan, dan akurasi pelayanan yang belum berjalan secara efektif mengingat sering terjadi kesalahan dalam penulisan data identitas pemohon, Akan tetapi hal tersebut diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja. Tidak tersedianya kotak saran di ruang pelayanan yang dijadikan DPMPTSP Kota Palangka Raya sebagai bahan atau dasar penilaian kinerja pegawai juga dianggap perlu sebagai bentuk kepedulian DPMPTSP Kota Palangka Raya untuk meningkatkan sistem pelayanannya. Untuk itu disarankan agar 1) Dalam kepengurusan perizinan dapat ditangani oleh petugas secara langsung, perlu disediakannya mobil loket pelayanan yang memungkinkan masyarakat mendaftarkan perizinan, 2) perlu adanya fasilitas pengeras suara untuk pemanggilan nama pada berkas permohonan perizinan, 3) Adanya pelatihan tentang pelayanan dan etika petugas loket mengenai kesopanan dan keramahan yang dilakukan secara rutin dan adanya penghargaan (reward) bagi petugas yang dianggap memiliki prestasi di bidang kesopanan dan keramahan serta ketersediaan kotak dan saran yang dibuat untuk keluhan masyarakat. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya