Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dan jenis-jenis kesulitan yang dialami peserta didik khusus materi operasi hitung pecahan dikelas IV SDIT Tiara Az-Zahra.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dilihat dari faktor internal dan eksternal serta faktor kesulitan matematka. faktor internal baik dari kondisi kesehatan peserta didik saat mengikuti pembelajaran dan kurang konsentrasinya dalam belajar, daya tangkap (pemahaman) yang kurang, kurang aktifnya peserta didik saat pembelajaran berlangsung, cara peserta didik mengontrol emosi/ amarah ketika menghadapi kesulitan saaat belajar dan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Faktor eksternal dari orang tua peserta didik yang sering membantu mengerjakan tugas sekolah saat belajar di rumah, faktor penyampaian materi dari guru, faktor kesulitan matematika yang belum bisa diatasi oleh peserta didik seperti tidak dapat membedakan antara pembilang dan penyebut serta tidak dapat menyamakan penyebut pada materi oprasi hitung pecahan.