Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Efriwantie, Efriwantie
Subject
352.14 Local Administration, Provinces
Datestamp
2023-05-23 06:59:24
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Indeks Kepuasan
Masyarakat Pelayanan Di Kantor Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan
Dalam penelitian ini menggunakan desain dalam penelitian ini
menggunakan desan jenis penelitian dengan Metode Campuran atau Mixed
Methods adalah jenis penelitian di mana peneliti menggabungkan unsur-unsur
pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari
hasil pengamatan langsung, wawancara, dan mengumpulkan dokumen-dokumen
Hasil Penelitian menunjukkan indeks kepuasan masyarakat Indeks
Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada KEPMENPAN Nomor
KEP/25/M.PAN/2/2004, diperoleh angka indeks sebesar 71,25 yang berada pada
interval 62,51 ? 81,25, sehingga kualitas pelayanan publik berada pada tingkat
?B?. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan Kantor Camat Pulau Malan
Kabupaten Katingan pada tahun 2020 secara keseluruhan termasuk dalam
kategori BAIK. Indek kepuasan masyarakat yang paling tinggi peroleh pada point
Kesesuaian biaya sebesar 77,75 sementara untuk pelayanan yang paling rendah
berada pada point Kecepatan pelayanan sebesar 61,00 berada pada kategori
sedang/cukup. Maka disarankan untuk (1) agar dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat pihak Kantor Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan
untuk tetap mempertahankan kesesuaian biaya pelayanan, (2) agar seluruh
pegawai Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan lebih memperhatikan dan
meningkatkan disiplin pegawai dalam menjalankan aktivitas sebagai
penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat secara langsung, dan (3)
kepada pegawai agar lebih memperhatikan waktu pelayanan sesuai dengan
SOP yang berlaku di kecamatan pulau malan dimana kecepatan dalam
pelayanan kepada masyarakat yang merupakan salah satu penilaian indek
kepuasan masyarakat.