Institusion
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Author
Rosi Isane Tetie, 17.11.018210
Farid Zaky Yopiannor, S.Sos, M.Si, 1101099002
Subject
381.3 Commercial Policy
Datestamp
2024-06-20 03:34:46
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kebijakan pendirian minimarket yang jaraknya berdekatan dengan usaha toko kelontong di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Zonasi Pendirian Minimarket Terhadap Usaha Toko Kelontong di Kota Palangka Raya dengan menggunakan indikator Menurut George Edwards III mengenai implementasi kebijakan yaitu komunikasi, struktur birokrasi, sumber daya dan disposisi. Sumber data terdiri dari data primer yakni hasil wawancara dengan 1 orang pejabat dan 5 orang warga, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Zonasi Pendirian Minimarket terhadap Usaha Toko Kelontong di Kota Palangka Raya meliputi, 1) kebijakan pengawasan batas pendirian minimarket terhadap usaha toko kelontong, 2) zonasi yang berdekatan membawa pengaruh negatif, 3) penurunan omzet penjualan.