Abstract :
Siti Nur Komala
Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 6 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran serta mendorong pengembangan potensi peserta didik secara holistik. Fokus penelitian ini adalah pada penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMPN 6 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI, 2) Menjelaskan apa saja permasalahan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI di Kelas VII SMPN Negri 6 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang 3) Menjelaskan apa saja upaya dalam mengatasi permasalahan penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI di Kelas VII SMPN 6 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan guru PAI, siswa kelas VII, serta pihak sekolah. Analisis data dilakukan secara mendalam untuk menggambarkan bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan dalam pembelajaran PAI dan dampaknya terhadap proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, penekanan pada projek berbasis profil pelajar Pancasila, dan integrasi nilai-nilai agama dalam berbagai aktivitas pembelajaran, 2) Dampak penerapan kurikulum ini terhadap pemahaman siswa cukup signifikan, terlihat dari meningkatnya partisipasi aktif siswa dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep agama, 3) Upaya dalam mengatasi permasalahan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI dikelas VII SMPNegri 6 pasar Kemis Kabupaten Tangerang
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, SMPN 6 Pasar Kemis, Pembelajaran PAI.
5