Abstract :
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMP Islam Al Hikma Teluknaga.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lunturnya budaya literasi di Indonesia, karena kurangnya minat baca pada siswa. Dalam menyikapi hal ini, guru Pendidikan harus mengupayakan cara untuk meningkatkan budaya literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah SMPI Al Hikma Teluknaga (2) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah SMPI Al Hikma Teluknaga. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, wakil kepala sekolah, pustakawan, dan siswa kelas IX, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam,yaitu membaca materi pembelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, melakukan apresiasi, setor hafalan, praktek dan melakukan pembelajaran di luar kelas; (2) Evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam, yaitu memperbarui strategi pembelajaran yang tepat, memperbaiki metode dan model pembelajaran pada pelajaran PAI, mempertahakan pembiasaan literasi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Literasi