DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI BACAAN QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTS NURURROHMAN PANDEGLANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
SODIK, SODIK
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2025-03-05 07:10:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mata pelajaran Al-Qur?an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa memahami bacaan Al-Qur?an Hadits di MTs Nururrohman Pandeglang. Fokus penelitian ini adalah pada upaya guru, faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa, dan metode pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Nururrohman Pandeglang mulai 20 Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa meliputi penggunaan metode talaqqi dan Iqra, serta pembelajaran tajwid. Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa antara lain adalah kurangnya waktu belajar dan keterbatasan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah dengan benar. Guru berupaya meningkatkan kemampuan siswa melalui pembelajaran yang lebih intensif dan kreatif, sehingga memudahkan siswa dalam memahami bacaan Al-Qur?an Hadits. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam menambah wawasan tentang metode pembelajaran Al-Qur?an Hadits serta manfaat praktis bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat membantu guru Al-Qur?an Hadits di MTs Nururrohman dan lembaga pendidikan lainnya dalam mengatasi kesulitan siswa memahami bacaan Al-Qur?an Hadits, sehingga tercipta generasi yang lebih baik dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Kata Kunci: Al-Qur?an Hadits, Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Islam, Mts Nururrohman Pandeglang. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang