Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran aktif di SMP Muhammdiyah 4 Tangerang dalam meningkatkan ke aktifan siswa. (2) Untuk mengimplementasikan metode active learning pada pembelajaran PAI dI SMP Muhammadiyah 4 Tangerang. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan belajar Aktif (Active Learning Strategy) pada pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskritif dengan jenis penelitian kualitatif. Makanya data yang di kumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka, melainkan dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan nemo, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang, guru menerapkan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) yang terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok,drill/latihan, hafalan, dan demonstrasi/praktek. (2) Implementasi active learning terhadap pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang sudah terlaksanakan dengan maksimal karena sudah menerapkan active learning dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, hafalan, jigsaw, pemberian tugas dan demonstrasi. (3) Faktor pendukung dalam implementasi active learning pada pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang yaitu siswa sudah aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran active learning. Faktor penghambat dalam implementasi active learning pada pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang adalah memerlukan waktu yang lebih lama dan perlu merancang serta memfasilitasi kegiatan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran serta membutuhkan energi yang ekstra.
Kata Kunci: Implementasi, Active Learning, Pembelajaran PAI