Abstract :
Penelitian ini meneliti tentang peran guru sejarah Islam dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada siswa di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2 yang beralamatkan di Kp. Ilat Pengadegan, Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui peran guru
sejarah Islam dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada siswa di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2, 2) Mengetahui dan menjelaskan kendala yang dihadapi untuk penerapan kepemimpinan guru dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada siswa di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2. 3) Mengetahui sikap kepemimpinan yang dimiliki oleh siswa di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu 1). Melakukan persiapan. 2). Membuat rencana tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian. 3). Melaksanakan tindakan sesuai prosedur dan melakukan pengamatan atau observasi. 4) penyajian data, 5) verifikasi kesimpulan. Dari hasil penelitian yang didapat bahwa peran guru sejarah Islam dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada siswa di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2 mulai dari perencanaan yang harus di kembangkan pada siswa agar hasil yang dicapai lebih maksimal, bentuk peranan yang dapat dilakukan oleh guru dalam memberikan pendidikan kepemimpinan bagi siswa, yaitu: (1) guru sebagai motivator, (2) guru sebagai pemimpin, (3) guru sebagai problem solver, dan (4) guru sebagai sahabat siswa. Peran guru dan peran kepemimpinan dalam menumbuhkan sikap siswa diharapkan bisa memberikan motivasi belajar siswa, dan pengaruh seorang siswa untuk belajar menjadi seorang pemimpin dengan begitu akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam setiap pembelajaran di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 2.
Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Kepemimpinan Siswa