Abstract :
PT. Indomarco Prismatama Cabang Tangerang , merupakan perusahaan besar di
Kota Tangerang yang bergerak dibidang penjualan barang, yang memiliki gerai
cukup banyak. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk menarik minat
konsumen untuk berbelanja di indomaret. Adanya kegiatan Event jum?at, sabtu &
minggu (JSM) diharapkan agar konsumen tertarik untuk berbelanja.Dengan
adanya Event JSM ini maka dibutuhkan suatu sistem untuk mengelola data
penjualan di kegiatan Event tersebut sekaligus untuk mengevaluasi hasil dari
kegiatan tersebut sehingga dapat dianalisa keberhasilan dari event toko tersebut.
Dalam pembuatannya penulis mengumpulkan data dengan cara observasi,
wawancara dan studi kasus guna mendapatkan data yang valid dan menggunakan
SIPOC (Suply-Input-Output-Customer) untuk metode analisa sistem yang saat ini
berjalan di PT. Indomarco Prismatama Cabang Tangerang. Untuk pengembangan
sistem penulis menggunakan metode yang adaptif, berulang, cepat, fleksibel, dan
efektif yaitu metode SCRUM. Dalam perancangan Sistemnya menggunakan
Unified Modeling Language (UML) dengan membuat Use Case Diagram, Activity
Diagram, dan Sequential Diagram. Sedangkan untuk pengujiannya menggunakan
Blackbox Testing.