Abstract :
Kelurahan Kunciran Indah merupakan salah satu Kantor Institusi yang menyediakan
pelayanan. Proses penanganan dalam pengaduan beserta penyampaian Informasi selalu
dijadikan prioritas oleh Kelurahan Kunciran Indah. Berhubungan dengan penyedia
pelayanan dan media penyampaian yang dapat di akses secara luas tanpa dibatasi oleh
kendala jarak dan waktu. Dengan ini merasa perlu untuk membuatkan sebuah sistem
pelayanan pengaduan yang praktis yang memudahkan masyarakat melakukan proses
pengaduan keluhan tanpa mengurangi efektifitas penanganan dalam bentuk aplikasi
berbasis web. Penelitian di analisis dengan metode SIPOC (Supplier Input Proccess
Output Costumer) kemudian di kembangkan dengan metode prototype yang
mempunyai tahapan Analisa, Pemodelan, Pembentukan, Evaluasi, Perubahan, dan
Penggunaan sehingga menjadi suatu perancangan yang memfokuskan pada pengujian.
Dengan adanya SIPPKIM (Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Keluhan Internal
Masyarakat) pengaduan dan penanganan berserta informasi jadi dapat dengan mudah di
akses dan diketahui tanpa adanya batasan jarak dan waktu.