Abstract :
Berkembangnya teknologi informasi khususnya di negara yang berkembang
membuat informasi yang dibutuhkan semakin mudah untuk didapatkan, hal ini dapat
dilihat dari meningkatnya dan berkembangnya kebutuhan masyarakat, perusahaan
dan juga instansi pemerintahan dalam mendapatkan data dan informasi. Seperti
halnya kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten
Tangerang merupakan salah satu instansi pemerintahan dalam menjalankan roda
pemerintahannya membutuhkan sistem informasi yang telah terkomputerisasi dengan
baik. Sistem informasi yang dibutuhkan oleh kantor Sekretariat DPRD Kabupaten
Tangerang yang dapat menangani pengolahan dan penyampaian informasi mengenai
data-data surat masuk dan surat keluar. Proses pendataan surat masuk dan surat
keluar yang berjalan saat ini masih dilakukan dengan cara-cara manual seperti
pencatatan surat masuk dan surat keluarmenggunakan buku besar atau buku agenda,
sistem pendataan yang masih manual tersebut menyebabkan belum optimalnya dalam
pencarian data surat yang diperlukan terutama jika surat-surat tersebut diperlukan
dikemudian hari dan juga untuk keperluan pengarsipan dokumentasi surat.
Berdasarkan hal tersebutmaka peneliti ingin mengusulkan penelitian dengan judul
Perancangan Sistem Informasi Pendataan Surat Masuk dan Surat Keluar yang
diharapkan nantinya akan menjadi sistem penyampaian informasi yang dapat
memberikan kemudahan dalam hal pengolahan surat menyurat bagi petugas tata
usaha pada khususnya dalam melakukan pengolahan dan juga penyimpanan data-data
surat masuk dan surat keluar.