Abstract :
Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat yang terletak Di kantor Desa
Gandaria di kampung Klebet Desa Gandaria, saat ini masih menggunakan cara manual dengan
form kertas dan ditulis tangan, dalam sistem pelayanan pengaduan masyarakat yang berjalan,
hal ini memiliki banyak keluhan diantaranya sering kehilangan dokumen notulensi yang tidak
efisien dalam membuat surat laporan pengaduan, Metode analisa yang digunakan yaitu
menggunakan analisa PIECES (Performance, Informance, Economy, Control, Efficiency,
Service), untuk metode perancanangan menggunakan UML (Unified Modeling Langauage),
konsep pengembangan yang digunakan yaitu SDLC (Software Development Life
Cycle), Model perancangan menggunakan Prototype, dan dalam pembuatan databesnya
menggunakan MySQL. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi pelayanan pengaduan
masyarakat berbasis Website di Kantor Desa Gandaria yang dapat diakses menggunakan
browser. Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian
yang perlu dirancang dalam suatu sistem informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat secara
benar dan cepat sehingga data dapat di proses dengan akurat. Dengan demikian akan lebih
memudahkan dalam membuat laporan pengaduan yang efektif dan efisien.