Abstract :
Diera sekarang ini semua kebutuhan sudah bisa didapatkan dengan cara yang
mudah dan cepat contohnya jika kita ingin membeli sparepart mobil tidak harus
datang langsung kebengkel melainkan bisa langsung beli lewat internet. SWOT
adalah identifikasi berbagai faktor secara systematis untuk merumuskan strategi
perusahaan, analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan
kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat
menimbulkan kelemahan (weaknesses)dan ancaman (threat). Jatra Motor adalah
tempat dimana seseorang mekanik melakukan pekerjaanya melayani jasa perbaikan
dan perawatan kendaraan. penjuaalan sparepart masih mengalami permasalahan
karena masih menggunakan sistem yang bersifat konvensional, yaitu pembeli harus
datang ke bengkel untuk membeli sehingga menyulitkan pembeli. Terdapat juga
masalah pada pencatatan penjualan sehingga data bisa rusak atau hilang, selain itu
terjadi pula kesalahan dalam pembuatan laporan, dimana sistem penjualan masih
belum efisien. Oleh karena itu penulis akan membangun sebuah sistem informasi
penjualan sparepart yang dapat digunakan untuk penjualan sparepart dan untuk
memperluas jangkauan pemasaran. Adapun untuk pengetesan sistem ini
menggunakan blackbox testing. Dengan sistem informasi yang dibuat rancangan
aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pemakai dalam mengontrol masalah
dalam bengkel dan data-data akan tersimpan dengan baik agar lebih efektif dan
efisien.