Abstract :
Penyedia jasa internet saat ini sudah sudah mulai banyak disetiap kota terlebih
kondisi pandemi yang dimana kita harus beraktifitas di dalam ruangan tentu
sistem daring yang dianjurkan, dan salah satunya PT. Timor Lintas Nusantara
adalah pelayanan penyedia jasa internet tapi dalam sistem mereka masih
melakukan dengan manual seperti dalam pengolahan data, pencatatan dan
pembayaran. proses ini dibilang belum efektif yang dimana admin masih
menulis pencatatan kedalam buku besar dan dalam proses pembayaran
menggunakan kartu bayaran sebagai alat bukti, tentu ini mempunyai resiko
jika salah penginputan dalam mencatat. Dengan sistem pelayanan dalam PT.
Timor Lintas Nusantara memanfaatkan perkembangan teknologi pada saat
ini, yaitu sistem pembayaran dalam pelayanan yang bertujuan untuk
mempermudah dalam proses penginputan dan pembayaran, sistem yang
berbasis website ini dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun.
oleh karena itu dengan pengolahan data menggunakan metode analisis yang
digunakan adalah metode SIPOC metode perancangan sistem yang digunakan
metode SLDC dapat membantu memcahkan masalah sehingga dapat
mempermudah admin untuk membuat laporan yang akurat. dan perancangan
yang dilakukan dengan menggunakan perancangan Unified Modelling
Language (UML), Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang lebih mudah
dalam penginputan atau melakukan pembayaran dengan lebih mudah dengan
secara online melalui website.