Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
Sudrajat, Tegar Prasetiya
Subject
Q Science (General)
Datestamp
2023-10-10 10:26:14
Abstract :
Kedai Kopi Akusara merupakan salah satu sektor bisnis yang bergerak pada bidang
kedai kopi. Dalam mempertahankan dan mengembangkan Kedai Kopi Akusara
sampai saat ini tentunya membutuhkan strategi yang tepat. Salah satunya yaitu
dengan mengimplementasikan Analisis SWOT, Analisis SWOT adalah metode
perencanaan setrategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
dan kelemahan (weaknesses) internal organisasi, serta peluang (opportunities) dan
ancaman atau tantangan (thereats) eksternal suatu organisasi atau proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Kedai Kopi Akusara mengalami permasalahan dalam
pemasarannya, selain itu kendala lain yang dihadapi yaitu semakin banyaknya
pesaing yang bermunculan. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan
matriks IFE, EFE, SWOT, hasil dari matriks IE menunjukan bahwa perusahaan
tersebut berada pada posisi yang baik dan tumbuh. Hasil dari identifikasi analisis
SWOT (Strengths) memliki jumlah skor yang lebih besar jika dibandingkan dengan
jumlah kelemahan (Weakness) kemudian peneliti juga merekomendasikan
beberapa strategi.