Abstract :
Semua usaha tentu memiliki strategi pemasaran tersendiri yang mampu
meningkatkan penjualan terhadap produk yang ditawarkan yang mana tujuan dari
semua usaha adalah memperoleh keuntungan. CV. Salve Jaya adalah salah satu
perusahaan yang bergerak pada bidang dekorasi rumah yaitu kap lampu. Adapun
masalah yang saat ini dihadapi yaitu Penjualan kap lampu yang belum mencapai
rata-rata target penjualan setiap bulannya, sehingga kondisi ini membuat CV. Salve
Jaya untuk merumuskan strategi yang dapat mencapai tujuan yakni peningkatan
penjualan kap lampu dan kurang memperhatikan aspek lingkungan eksternal dan
internal. Tujuan penelitian ini Untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman, serta rumusan strategi pemasaran yang dihasilkan dengan
menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil
matrik IFAS sebesar 3,34 dan hasil matriks EFAS sebesar 3,09. Hasil dari diagram
matrik SWOT menjelaskan bahwa CV. Salve Jaya berada di posisi sumbu Strength
dan sumbu Opportunity pada kuadran 1.Hasil dari matriks QSPM menghasilkan
delapan alternatif strategi, satu strategi utama yang memiliki skor terbesar yaitu 6,43 yang
dijadikan sebagai rumusan alternatif strategi pemasaran yaitu Meningkatkan membuat
produk serta berinovasi dalam produk baru.