Abstract :
Miscast Clothing merupakan produk fashion usaha mikro kecil menengah yang
berdiri sejak tahun 2008 yang berada di Cipondoh, Kota Tangerang. Karena adanya
kenaikan dan penurunan penjualan yang membutuhkan strategi penjualan untuk
mempertahankan dan mengembangkan unit usahanya. Penelitian ini bertujuan
untuk merencanakan strategi penjualan dengan mengidentifikasi faktor lingkungan
internal dan faktor lingkungan eksternal agar dapat merencanakan strategi yang
sesuai dan dapat diterapkan pada Miscast Clothing dalam persaingan bisnisnya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan turun kelapangan dengan
observasi dan dokumentasi. Untuk merencanakan strategi-strategi penjualan ada
beberapa metode analisis yang digunakan diantaranya ada matriks IFAS (Internal
Factor Analysis Strategy), EFAS (Eksternal Factor Analysis Strategy), Matriks
SWOT lalu dianalisis dengan Diagram Cartesius Analisis SWOT. Hasil dari analisis
menggunakan IFAS, EFAS, matriks SWOT dan Diagram Cartesius, Strategi yang
dihasilkan berada pada kuadran II yaitu strategi Strength ? Threats (S-T) yang
disebut strategi diversifikasi produk dimana posisi ini menghadapi beberapa
kelemahan ancaman namun perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi
internalnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengcover ancaman. Pada analisis
SWOT dihasilkan nilai IFAS sebesar 1.21 dan EFAS sebesar -0.06. Strateginya
adalah dengan memanfaatkan kekuatan yang ada seperti menjual dengan harga
terjangkau, menjaga kualitas material yang baik, membuat website Miscast
Clothing dan meningkatkan kemampuan iklan dan promosi di sosial media.