DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN STRATEGI PENJUALAN DENGAN METODE SWOT PADA INDUSTRI FASHION (Studi Kasus Pada UMKM Miscast Clothing )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
Kurniawan, Ues
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2023-10-15 08:10:24 
Abstract :
Miscast Clothing merupakan produk fashion usaha mikro kecil menengah yang berdiri sejak tahun 2008 yang berada di Cipondoh, Kota Tangerang. Karena adanya kenaikan dan penurunan penjualan yang membutuhkan strategi penjualan untuk mempertahankan dan mengembangkan unit usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan strategi penjualan dengan mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal agar dapat merencanakan strategi yang sesuai dan dapat diterapkan pada Miscast Clothing dalam persaingan bisnisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan turun kelapangan dengan observasi dan dokumentasi. Untuk merencanakan strategi-strategi penjualan ada beberapa metode analisis yang digunakan diantaranya ada matriks IFAS (Internal Factor Analysis Strategy), EFAS (Eksternal Factor Analysis Strategy), Matriks SWOT lalu dianalisis dengan Diagram Cartesius Analisis SWOT. Hasil dari analisis menggunakan IFAS, EFAS, matriks SWOT dan Diagram Cartesius, Strategi yang dihasilkan berada pada kuadran II yaitu strategi Strength ? Threats (S-T) yang disebut strategi diversifikasi produk dimana posisi ini menghadapi beberapa kelemahan ancaman namun perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internalnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengcover ancaman. Pada analisis SWOT dihasilkan nilai IFAS sebesar 1.21 dan EFAS sebesar -0.06. Strateginya adalah dengan memanfaatkan kekuatan yang ada seperti menjual dengan harga terjangkau, menjaga kualitas material yang baik, membuat website Miscast Clothing dan meningkatkan kemampuan iklan dan promosi di sosial media. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang