DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DALAM KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS AL-HAFIZH RAJEG-TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
Yulianti, Firli
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-05-04 08:28:33 
Abstract :
Penelitian ini di latarbelakangi mengajarkan membaca Al-Qur?an merupakan kewajiban bagi setiap orang tua kepada anaknya. Seharusnya sejak usia dini anak harus sudah diajarkan membaca Al-Qur?an. dalam hal ini pembelajaran Al-Qur?an Hadist di MTs Al-Hafizh sudah cukup baik, namun ada siswa yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur?an dan kesulitan dalam Tajwid dan makhraj akan tetapi bagi siswa yang belum lancar guru akan melakukan pelatihan membaca Al-Qur?an yang baik sesuai Ilmu Tajwid kepada siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidenfikasi kesulitan-kesulitan yang di alami oleh siswa dalam membaca Al-Qur?an. Dari kesulitan-kesulitan tersebut dapat pula diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur?an. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur?an berdasarkan data yang penulis peroleh dari para guru agama islam setempat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, sedangkan tekniknya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan test lisan (Membaca Al-Qur?an). Adapun langkah-langkah yang di gunakan dalam menganalisa data yaitu mereduksi data yang kemudian di sajikan dalam bentuk teks naratif dilengkapi dengan bagan atau tabel serta verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh hasil ditemukan bahwa upaya guru mata pelajaran Al-Qur?an Hadits untuk meningkatkan kualitas siswa dalam kesulitan membaca Al-Qur?an di MTs Al-Hafizh Rajeg-Tangerag adalah Guru Al-Qur?an Hadits kelas VII sudah baik dalam mengelola pembelajaran yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta pemahaman terhadap peserta didik. Guru telah menyiapkan RPP. Guru telah menciptakan suasana kelas yang kondusif ketika kegiatan belajar mengajar. Guru selalu memberikan motivasi sebelum pembelajaran dimulai, hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Guru sudah menggunakan metode yang tepat dalam pembelajarannya yaitu metode Ceramah dan Tanya Jawab. Guru berusaha memperbaiki strategi pembelajarannya dengan strategi yang bervariasi. Dengan metode dan strategi yang bervariasi guru mampu menciptakan suasana belajar yang inovatif, aktif dan tidak membosankan. Guru selalu menegur dan memberikan pertanyaan pada siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, hal ini bertujuan agar siswa merasa takut untuk tidak memperhatikan pelajaran dan untuk mendorong siswa berpikir. Guru menilai dari kemampuan sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Guru mewajibkan siswa untuk menyetor hafalan surat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur?an dan membina perilaku agar para siswa mempunyai perilaku dan akhlak yang baik. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang