DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
HAZAIRIN FARAIDH, FAIZAL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-10-08 05:05:10 
Abstract :
Belakangan ini proses pembelajaran di kelas diperlukan sesuatu yang baru. Hal ini selaras dengan tuntutan di era sekarang, yaitu anak dituntut untuk berfikir kreatif agar dapat bersaing dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, guru disarankan untuk tidak hanya menggunakan metode konvesional. Salah satu metode pembelajaran yang tepat agar menarik kreativitas siswa adalah metode pembelajaran mind mapping. Metode mind mapping dapat menyeimbangkan proses belajar dengan cara kerja otak kiri dan kanan. Dengan menggunakan metode mind mapping siswa akan terlatih untuk berfikir kreatif sehingga akan berpengaruh juga dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini adalah VII Utsman sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan Kelas VII Aisyah sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 30. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemapuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Angket digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25.0 dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 7,229 nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 7.229 > ttabel = 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 15.846 dan sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 15,846> 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang